Senin, 18 Oktober 2010

Mata Kuliah Jaringan Komputer I

Pengertian Jaringan Komputer
Dari berbagai sumber:

Menurut Wendell Odom (2004: 5) Jaringan adalah kombinasi hardware, software, dan pengkabelan (cabling), yang secara bersama-sama memungkinkan berbagai peranti komputasi untuk berkomunikasi satu sama lain.  http://www.digituck.com/pengertian-jaringan-komputer.html

Jaringan Komputer adalah prosedur beserta berbagai metode teknis untuk saling menghubungkan berbagai alat dan sumber daya komputer yang ada (interkoneksi), sehingga dapat saling bertukar data atau bertukar informasi, dengan menggunakan sumber daya dalam jaringan yang ada secara bersama-sama.
  http://www.pc24.co.id/article/ 

Jaringan komputer adalah kumpulan dari sejumlah perangkat berupa komputer, hub, switch, router, atau perangkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media komunikasi tertentu (Wagito, 2005). Perangkat yang terhubung dengan jaringan disebut juga sebagai node. Hal ini memungkinkan pengguna dapat bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan menggunakan sumber daya jaringan (hardware dan software) ada.
   http://www.yousaytoo.com/pengertian-jaringan-komputer/53577
Jaringan komputer adalah ”interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
Autonomous adalah apabila sebuah komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh, sehingga dapat membuat komputer lain, restart, shutdows, kehilangan file atau kerusakan sistem.
Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti: file, printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, dll). Data yang berupa teks, audio maupun video, bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/software yang terhubung dalam jaringan bersama-sama .
    http://bambangwinarno.multiply.com/journal/item/40/Pengertian_Jaringan_Komputer 

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya seperti: kabel, switch, HUB, router, dll yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
       http://lintasilmu.com/?set=viewArtikel&id=29

Network/Jaringan Komputer adalah kumpulan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain, menggunakan peralatan yang dapat diakses secara bersama-sama dan dapat berhubungan dengan komputer induk lain dalam jarak yang berjauhan. Komunikasi data, adalah suatu proses pertukaran data antara satu komputer dengan komputer lainnya melalui suatu media transmisi data. Untuk sebuah jaringan komputer sederhana agar proses komunikasi data dapat berjalan harus ada 3 komponen, antara lain :
   ~   Komputer, baik itu komputer untuk server maupun untuk workstation/terminal
   ~   Link, yaitu media transmisi yang dilalui oleh data dalam proses pertukaran data dari satu komputer ke                komputer lain
  ~    Protocol Engine, yaitu bagian yang mengatur bagaimana dua buah komputer dapat saling berkomunikasi           melalui link. Protokol engine ini terdiri dari NIC dan perangkat lunak yang mengatur prosedur komunikasi         yang dipasang pada masing-masing komputer yang digunakan.
     http://william.myladokutu.org/pengantar-jaringan-komputer/ 

Definisi Jaringan komputer yaitu suatu himpunan interkoneksi (interconnected) sejumlah computer autonomous. Dua buah computer dikatakan saling tersambung bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentuk hubungannya tidak perlu melalui kawat tembaga saja ; serat optic, gelombang mikro, satelit komunikasi juga digunakan .   (Tanenbaum Andrew S,”Jaringan Komputer edisi bahasa indonesia jilid 1”,PT.prehallindo.1997)

Definisi Secara Rinci :

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

Tujuan jaringan computer
~ Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
~ Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
~ Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu ;
1. Local Area Network (LAN),  merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang       berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk       menghubungkan komputer-           komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-       pabrik untuk memakai       bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN),  pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar        dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor              perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan  dapat dimanfaatkan untuk keperluan              pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara,      bahkan dapat berhubungan              dengan jaringan televisi kabel.
3.  Wide Area Network (WAN), Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis           yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesinmesin yang       bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4.  Internet,  Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan         perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa                 berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan             hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini          diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan           yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi     inilah yang disebut dengan internet.
5. Jaringan Tanpa Kabel,  Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa
   dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau          melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan        tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini      jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan          kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel .

Manfaat jaringan computer
Dari berbagai sumber:
1. Dapat saling berbagi pemakaian file data (sharing data dengan computer rekan)
2. Tukar – menukar data antar komputer dapat kita lakukan secara cepat
3. Memungkinkan kita untuk memekai satu printer yang terhubung dengan jaringan secara bersama-sama             dalam area jaringan.
4. Lebih menghemat biaya
5. Efisiensi kerja jadi meningkat
6. File-file data dapat lebih mudah dipelihara dan diproteksi
7. Kinerja system dapat kita tingkatkan sesuai dengan beben pemakaian komputer di jaringan.kita hanya             cukup menambah kemampuan processor jika membutuhkan peningkatan kinerja
      http://www.dadang-kurnia.co.cc/2009/05/manfaat-jaringan-komputer.html
Manfaat Jaringan Komputer:
a. Berbagai perangkat keras
Perangkat seperti semacam hardisk, printer, CD-ROM, Drive dan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Peranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan pada suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya.

b. Berbagai program
Program atau data dimungkinkan untuk disimpan pada sbuah komputer yang bertindak sebagai server ( yang melayani omputer-komputer yang akan membutuhkan data atau program). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan.

c. Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya dukungan jaringan komputer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Pra pemakai komputer dapat mengairim surat elektronik dengan mudah bahkan dapat berckap-cakap secara lansung melalui tulisan ( chating ) ataupun telekonferasi.

d. Memudahkan pengaksesan informasi
Jaringan komputer memuadahakan pengaksesan informasi. Seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika kita membutuhkannya.Pertumbuhan internet salah satu implementasi jaringa yang terbesar didunia, memungkinkan segala imformasi yang ada di dunia dapat dengan mudah didapatkan.
  http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/manfaat-jaringan-komputer-5/
 
Kesimpulan :

Manfaat Jaringan Komputer bagi manusia dapat dikelompokkan pada jaringan untuk perusahaan, jaringan umum, dan masalah sosial jaringan .
 
Jaringan untuk perusahaan

v Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersamasama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.

v Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternative persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atau lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.

v Menghemat uang. Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputerkomputer pribadi.
Jaringan untuk umum

Terdapat tiga hal pokok yang menjadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan yaitu:
~ akses informasi yang berada ditempat yang jauh
~ komunikasi orang ke orang
~ hiburan interaktif
 
Masalah Sosial Jaringan
Penggunaan jaringan oleh mesyarakat luas akan menyebabkan masalah-masalah social,etika, dan politik.Sepanjang subyeknya terbatas pada topik-topik teknis atau hobi seperti merias taman, hal tersebut tidak akan menimbulkan banyak masalah.kesulitan muncul bila newsgroup mempunyai topic yang sangat menarik perhatian orang,seperti politik,agama, atau seks.jaringan computer menawarkan kemampuan untuk pengiriman pesan tanpa nama . Pada situasi-situasi tertentu, kemampuan seperti ini akan cocok.misalnya kemampuan tersebut memberi peluang bagi seorang mahasiswa ,tentara, pegawai, dan warganegara untuk memperingatkan penyimpangan yang dilakukan sebagai dosen,petugas,atasan,dan politikus dengan tanpa harus merasa takut.

Kerugian jarkom
biaya yang semakin tinggi,
manajeman perangkat keras dan administrasi sistem
sharing file yang tidak diinginkan
aplikasi virus dan metode hacking
 

0 komentar:

About This Blog

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP